Sejarah Desa Mandirejo

Setiap desa pasti memiliki sejarahnya masing-masing demikian halnya dengan Desa Mandirejo. Sejarah asal muasal desa seringkali tertuang dalam dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun-temurun dan disampaikan dari mulut kemulut. Sehingga sulit dibuktikan kebenarannya secara fakta.

Mandirejo adalah sebuah desa yang penuh dengan sejarah memilukan, dimana kisahnya dimulai pada saat itu ditugaskan seorang raja untuk mengamankan kabupaten Tuban. Mandirejo pada abad silam merupakan sebuah rawa yang terpandang cukup berpotensi dari segi alam maupun lingkungan.

Dari beberapa versi cerita yang tersebar di masyarakat, satu yang cukup terkenal adalah tentang keberadaan wanita bernama Mbok Rondo Mendolo yang terkenal akan kecantikannya sehingga membuat banyak hati lelaki pada masa itu tertarik kepadanya. Alkisah, Mbok Rondo Mendolo mempunyai warung tempat persinggahan yang sangat ramai, yang terkenal ke pelosok desa sehingga membuat banyak orang berbondong-bondong ingin menikmati makanan maupun minuman yang di suguhkan oleh Mbok Rondo Mendolo. Oleh karena setiap hari, warung tersebut ramai tak pernah surut akan kedatangan orang, maka daerah tersebut di kenal orang atau masyarakat dengan sebutan Wande Rejo yang berarti Warung yang sangat Ramai. Seiring dengan berjalannya waktu, istilah Wande Rejo berubah menjadi Mandirejo.

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)