Bright Tuesday 6 : Membangun Kebersamaan

Agustus kemarin, sampai September saat ini, merupakan momen yang tepat untuk Pemdes Mandirejo memangun kedekatan interaksi dengan warganya. Bagaimana tidak, semua kegiatan 17-an, selalu melibatkan usaha kedua belah pihak, tak terkecuali lomba desa yang di adakan pada Bulan September ini, Tarik Tambang dan Volly antar RT. Dan perangkat desa ikut berpartisipasi dalam kedua even itu. Hasilnya? Kalah saat masih dalam fase awal, hwkwkwk. . Bukan menang kalahnya yang di cari, tapi esensi sosialnya yang lebih kita dapat. Kalaupun seandainya menang, itu bonus lebih. Itupun seandainya hehe. .

Tapi yang terpenting adalah, acara tersebut dapat terselenggara dengan lancar, dan.... serunya bukan main. Banyak RT berparsipasi dengan kemampuan seadanya, akan tetapi tertutupi dengan antusiasme yang luar biasa. Volly merupakan cabang olahraga permainan yang paling di gemari di Desa Mandirejo, jadi sudah seyogyanya Desa Mandirejo mampu memperoleh prestasi dari olahraga tersebut. Dan sudah sepantasnya pula, Desa Mandirejo memiliki even besar yang dapat lebih mengangkat nama desa secara keseluruhan.

Interaksi sosial yang berlangsung ketika lomba, dapat memantik rasa persaudaraan maupun kekeluargaan antara pamong dan warga. Tidak bisa kita pungkiri, pamong di desa ibarat pemerintahan kecil, perwakilan pemerintahan di pusat untuk tingkat desa, sehingga hubungan keduanya harus terpelihara dengan baik. Dan ya, kedua belah pihak benar-benar saling membutuhkan satu sama lain. Sehingga diharapkan, susah senang, suka duka, semua dapat dilalui bersama tanpa adanya tendesi emosi negatif yang berlebihan. Harmonisasi juga harus terjaga, tanpa itu, semua akan timpang.

Bersama ini, kami menghimbau agar sedapat mungkin kita hindari friksi yang dapat memecah, bukankah kita semua dari akar yang sama? Dan pamong juga bukan merupakan tempat untuk meluapkan emosi negatif di kala terdapat kekecewaan. Semua harus bersatu padu, membangun desa menjadi lebih baik, dari segi apapun itu. Demi cita-cita kita semua.

Oleh: Hari Widiyantp

*Ditulis dalam rangka menyambut lomba volly antar RT Desa Mandirejo yang pertama

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)