Bright Tuesday 4 : Menjelang Tahun Politik

Haaaa....? Kenapa pula ini rubrik Bright Tuesday kok bisa telat posting sampai hari Rabu? Wkwkwk. . Tenang saja, namanya masih menggunakan Tuesday kok, artinya kterlambatan ini murni dari saya pribadi hehe. .

Tahun 2019, merupakan tahun yang panas. Tahun politik. Baik untuk skala Nasional maupun lokal tingkat desa. Sudah seyogyanya apabila kita sudah menimbang-nimbang pilihan, tentang calon terbaik yang sekiranya dapat memenuhi apa yang kita kehendaki.

Untuk skala Nasional, jelas perebutan kursi DPR maupun pemilihan Presiden, menjadi barometer demokrasi kita. Partai-partai pun sudah memanaskan mesin politiknya, dengan harapan mereka mendapatkan porsi di pemerintahan. Sebetulnya hal itu wajar-wajar saja, selama masih dalam batas kewajaran. Menjadi noda kalau misalnya perebutan tersebut dilakukan dengan cara yang tidak sportif.

Saya pribadi masih enggan untuk membahas tentang pencalonan pemimpin tahun depan, disamping karena memang ranah saya di pemerintahan desa, dimana hal ini akan menjadi citra buruk bagi pemerintahan di ruang publik, juga tidak etis rasanya karena pemimpin saat ini masih sah sebagai Kepala Negara.

Dan yang tak kalah panas adalah pemilihan Kepala Desa tahun depan. Bagi masyarakat tingkat pedesaan, Kepala Desa merupakan profesi yang masih di junjung secara adat oleh masyarakat, maka dari itu tak jarang gesekan ketika pemilihan terjadi.

Tapi dari itu semua, kita dapat mengambil kesimpulan tentang apa yang harus kita lakukan dan bagaimana cara kita menyikapi. Oleh karena suhu politik tersebut, seyogyanya kita banyak menahan diri, karena apapun pilihan kita nantinya, seharusnya tidak menjadikan kita menjadi pribadi yang jauh dari kata santun. Bukankah Tuhan memang menciptakan dunia ini dengan beraneka warna? Jadi tentunya jika kita mau berfikir, seharusnya segala perbedaan ini tidak menjadikan kita rapuh. Karena Negara kita dibentuk dari keanekaragaman, bukan sebaliknya.

 

Oleh : Hari Widiyanto

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)